1. Seorang siswa diminta untuk mengidentifikasi masalah yang mereka hadapi,
lalu masalah itu didiskusikan dalam kelompok untuk mendapatkan solusinya.
Ilustasi ini berkaitan dengan perkembangan ....
A. kemampuan
kognitif
B. kemampuan interaksional
C. kemampuan integrasi diri
D. kemampuan komunikatif
2. Pernyataan berikut yang menjelaskan makna istilah
kognitif adalah….
A. kemampuan berkomunikasi
B. Kemampuan untuk memecahkan masalah
C. kemampuan berinteraksi
D. kemampuan untuk mengintegrasikan diri
3. Kemampuan berfikir untuk mengoperasikan kaidah-kaidah
logika tapi masih terkait dengan obyek-obyek bersifat konkrit merupakan ciri-ciri
kemampuan anak berusia
A. 0 - 2 tahun
B. 2 -- 7 tahun
C. 7 -- 11/12 tahun
D. 11/12/ -- 14/15 tahun
4. Menggunakan potongan sapu lidi, kelereng, globe,
gambar-gambar yang menyangkut pembelajaran IPA serta IPS sebagai media adalah
sesuai dengan tahapan perkembangan berfikir anak yang dikenal sebagai tahapan
A. Anak memahami bilangan dan angka tetapi masih terkait
dengan obyek bersifat kongkrit (operasional konkrit)
B. Pengamatan dan penginderaan yang intensif terhadap
lingkunganya (sensomotor)
C. Dominasi pengamatan bersifat egosentris
D. Kemampuan mengoperasikan kaidah logika yang tidak
terikat lagi dengan obyek yang bersifat konkrit (operasional formal)
5. Kemampuan peserta didik untuk membina hubungan dan
kemampuan memotivasi diri termasuk kecerdasan….
A. Kognitif
B. Sosial
C. Emosional
D. moral
6. Seorang peserta didik selalu ingin mendominasi dalam
suatu kelompok belajar. Dia tidak memberi kesmpatan anggota lain untuk
mengemukakan pendapat. Jika teman lain yang memimpin dan mengendalikan jalannya
diskusi, ia memisahkan diri dan cenderung belajar sendiri.
Peserta didik tersebut mengalami permasalahan dalam
perkembangan
A. sosial-emosional
B. kognitif
C. moral
D. spiritual
7. Peserta didik telah memiliki yang memiliki moralitas
benar-benar diinternalisasikan dan tidak didasarkan pada standar-standar orang
lain. Dia mengenal tindakan moral alternatif, menjajaki pilihan-pilihan, dan
kemudian memutuskan berdasarkan suatu kode moral pribadi.
Hal ini merupakan contoh perilaku moral-spritual pada
tahapan ...
A. penalaran pascakonvensional
B. penalaran konvensional
C. penalaran prakonvensional
D. penalaran interkonvensional
8. Individu memandang apa yang diharapkan oleh keluarga,
kelompok, masyarakat dan bangsa serta setia mendukung aturan social bukan hanya
untuk ketenangan tetapi disadari sebagai sesuatu yang berharga.
Pernyataan tersebut merupakan tahapan perkembangan
moral
A. Prakonvensional
B. Konvensional
C. Pascakonvensional
D. Interkonvensional
9. Memaksimalkan kegiatan ekstrakurikuler, melakukan
rekreasi dengan guru, dan melakukan kegiatan informal lainnya memiliki fungsi
untuk mengatasi kesulitan belajar dalam hal ….
A. mengemukakan gagasan
B. mengaktualisasikan diri
C. penciptaan hubungan yang baik
D. menformulasikan tindakan
10. Seorang peserta didik merasa kurang bersemangat pada
jam usai pembelajaran. Dia bahkan lebih senang tinggal di sekolah sampai sore,
petugas kebersihan sekolah sampai menyuruhnya pulang karena matahari hampir
tenggelam.
Peserta didik tersebut dicurigai memiliki hambatan
pengembangan potensi berupa faktor ....
A. intelegensi dan kognitif
B. budaya dan pembiasaan
C. keluarga dan lingkungan masyarakat
D. emosional dan kepribadian
11. Seorang peserta didik mampu mendengarkan informasi
yang disampaikan oleh guru tetapi pada saat ditanya ia tidak mengerti apa yang
ia dengar. Peserta didik tersebut mengalami kesulitan/ gangguan belajar dalam
hal ....
A. kesulitan akademis
B. gangguan simbolik
C. gangguan nonsimbolik
D. gangguan sosial
12. Perbedaan antara konseling dan wawancara terletak pada
maksud dan tujuannya. Tujuan konseling adalah....
A. Membantu siswa agar dapat memecahkan masalah
pribadinya
B. Menbantu siswa agar dapat melakukan penyesuaian diri
dengan lingkungannya
C. Membantu siswa agar dapat mengatasi kesulitan belajar
D. Membantu siswa agar memperoleh informasi tertentu
13. Teori ini memandang belajar sebagai hasil dari
pembentukan hubungan antara rangsangan dari luar (stimulus) dan balasan dari
siswa (response) yang dapat diamati. Semakin sering hubungan (bond) antara
rangsangan dan balasan terjadi, maka akan semakin kuatlah hubungan keduanya
(law of exercise). Teori belajar yang dimaksud adalah…
A. Behaviorisme
B. Humanistik
C. Sibernetik
D. Kontruktivisme
14. Di dalam proses pembelajaran, para siswa dihadapkan
dengan situasi di mana ia bebas untuk mengumpulkan data, membuat dugaan
(hipotesis), mencoba-coba (trial and error), mencari dan menemukan keteraturan
(pola), menggeneralisasi atau menyusun rumus beserta bentuk umum, membuktikan
benar tidaknya dugaannya itu. Hal ini merupakan penerapan teori belajar….
A. Sibernetik
B. Humannistik
C. Behaviorisme
D. Konstruktivisme
15. Menurut teori ini, peranan guru dalam pembelajaran
adalah sebagai fasilitator, motivator, dan memberikan kesadaran mengenai makna
kehidupan pada siswa. Teori belajar ini berusaha memahami perilaku belajar dari
sudut pandang pelakunya bukan dari sudut pandang pengamatnya. Teori belajar ini
adalah ….
A. Humanistik
B. Konstruktivisme
C. kognitivisme
D. Nativisme
16. Pada masa kini siswa dituntut untuk dapat belajar
setiap saat dan bisa terjadi di manapun. Hal ini terjadi karena kemajuan
teknologi yang memungkinkan belajar jarak jauh dalam jaringan atau online.
Pernyataan diatas sejalan dengan teori belajar ….
A. Sibernetik
B. Konstruktivisme
C. Behaviorisme
D. Kognitivisme
17. Pendapat yang menyatakan bahwa pengetahuan atau
pengalaman yang baru dapat terkait dengan pengetahuan lama yang sudah ada di
dalam struktur kognitif seseorang adalah teori belajar…
A. Behaviorisme
B. Konstruktivisme
C. Kognitivisme
D. Sibernatik
18. Tujuan pembelajaran yang menggambarkan proses dan
hasil belajar yang diharapkan dicapai oleh peserta didik sesuai dengan
kompetensinya dimuat dalam:
A. Silabus
B. RPP
C. Silabus dan RPP
D. SKL
19. Komponen rancangan pelaksanaan pembelajaran terdiri
dari....
A. Identitas, kompetensi Inti, kompetensi dasar,
indikator, tujuan pembelajaran, materi, metode, media pembelajaran, sumber
belajar, langkah-langkah pembelajaran, evaluasi
B. Identitas, kompetensi Inti, kompetensi dasar, tujuan
pembelajaran, indikator,materi, metode, media pembelajaran, sumber belajar,
langkah-langkah pembelajaran, evaluasi
C. Identitas, kompetensi Inti, kompetensi dasar,
indikator, tujuan pembelajaran, materi, metode, sumber belajar, media
pembelajaran, langkah-langkah pembelajaran, evaluasi
D. Identitas, kompetensi Inti, kompetensi dasar,
indikator, tujuan pembelajaran, materi, metode, media pembelajaran, sumber
belajar, evaluasi, langkah-langkah pembelajaran
20. Silabus dan RPP sama-sama sebagai rencana proses
pembelajaran, perbedaannya adalah sebagai berikut:
A. Silabus berisi kompetensi dasar sedangkan rpp
mengarahkan kegiatan belajar untuk mencapai kompetensi dasar
B. Silabus bersumber dari standar isi dan standar
lulusan, sedangkan RPP bersumber dari standar kompetensi lulusan
C. RPP dibuat oleh setiap guru, sedangkan silabus dibuat
oleh tim guru
D. RPP dan silabus keduanya disusun oleh setiap satan
pendidikan.
21. Salah satu prinsip dalam penyusunan rencana
pelaksanaan pembelajaran (RPP) adalah
A. Materi atau bahan ajar berbasis kompetensi
B. Pembelajaran dirancang dengan berpusat pada peserta
didik
C. RPP bersumber dari silabus
D. Alokasi waktu sesuai dengan jadwal pada setiap satuan
pendidikan
22. Perhatikan beberapa komponen dari RPP untuk mata
pelajaran bahasa Indonesia adalah sebagai berikut ......
1) Kompetensi dasar :Mengenal kegiatan bermusyawarah
2) Indikator : menyebutkan dua ciri kegiatan
bermusyawarah
3) Tujuan Pembelajaran : setelah pelaksanaan pemilihan ketua
kelas siswa dapat menyebutkan dua ciri kegiatan musyawarah dengan benar
Berdasarkan komoponen-komponen RPP tersebut prinsip
digunakan adalah....
A. Memberikan
umpan balik dan tindak lanjut
B. Mendorong
partisipasi aktif peserta didik
C. Memperhatikan
perbedaan individu peserta didik
D. Keterkaitan
dan keterpaduan
23. Benjamin S. Bloom mengembangkan ranah kognitif dengan
urutan berikut:
A. ingatan; pemahaman, analisis, aplikasi, sintesis, dan
evaluasi;
B. ingatan, pemahaman, aplikasi, analisis, síntesis, dan
evaluasi
C. ingatan, pemahaman, síntesis, aplikasi, analsis, dan
evaluasi
D. ingatan, pemahaman, analisis, aplikasi, evaluasi, dan,
síntesis.
24. Taksonomi Anderson dan Krathwol menyempurnakan taksonomi
Benjamin S. Bloom mengembangkan ranah kognitif dengan urutan berikut:
A. ingatan; pemahaman, analisis, aplikasi, sintesis, dan
evaluasi;
B. ingatan, pemahaman, aplikasi, analisis, síntesis
C. ingatan, pemahaman, síntesis, aplikasi, analsis, dan
evaluasi
D. ingatan, pemahaman, aplikasi,analisis, evaluasi, dan,
mencipta.
25. Model pembelajaran yang mempunyai keunggulan antara
lain; berpikir dan bertindak kreatif, memecahkan masalah yang dihadapi secara
realistis, merangsang perkembangan kemajuan berfikir siswa untuk menyelesaikan
masalah yang dihadapi dengan tepat, adalah….
A. Role Playing
B. Inquiry
C. Problem Solving
D. Picture
and Picture
No comments:
Post a Comment